TUTORIAL TOTAL STATION


Total Station adalah peralatan elektronik ukur sudut dan jarak yang menyatu dlam satu alat. Data dari pengambilan dilapangan dapat disimpan dimedia perekam yang dapat berupa on-board/internal, external atau berupa card. Alat ini mampu melakukan beberapa hitungan semisal jarak datar, beda tinggi dll juga mampu menjalakan program-program survey semisal orientasi arah, stake out, hitungan luas dll yang tergantung dari kemampuan type total station.
Untuk type high end bahkan ada yang dilengkapi dengan motor penggerak dan dilengkapi dengan ATR (Automatic Target Recocnition) pengenal objek otomatis (prisma). Type tertentu bahkan mampu mengeliminir kesalahan-kesalahan kolimasi Hz & V, kesalahan diametral, koreksi refraksi dll hingga data
yang didapat sangat akurat. Ketelitian dan kecepatan ukur sudut dan jarak jauh lebih baik dari theodolite manual dan meteran. Terutama untuk pemetaan situasi. Data secaraelektronis dapat dikirim ke PC dan diolah menjadi peta dengan program mapping software.
Total station ini merupakan perangkat elektronik yang dilengkapi dengan piringan horizontal, piringan vertika dan komponen jarak. Dari ketiga data primer ini (sudut horizontal, sudut vertikal dan jarak) bisa didapatkan nilai koordinat X, Y, Z serta beda tinggi. Data direkam dalam memory dan selanjutny bisa ditransfer kekomputer untuk diolah menjadi data spasial.
Sebelum muncul total station ini lebih dikenal alat yang disebut theodolite, kedua stasiun theodolite dan total station ini digunakan mengukur sudut horizontal dan sudut verikal selam mensurvei proyek. Masing-masing mempunyai pro dan kontra tertentu yang dapat dipergunakan dalam berbagai situasi. Scara umum, hal itu tergantung pada waktu, uang, tenaga dan keahlian yang telah tersedia pada saat alat yang tepat untuk pekerjaan anda dan tentunya bila mengingikan keakuratan dalampekerjaan konstruksi atau design lebih baik menggunakan Laser Auto Level.
Meskipun theodolite telahdigunakn selama ratusna tahun, operasi utam dar alat ini tetap sama, theodolite trediri dari teleskop bergerak yang dipasang antara sumbu vertikal dan horizontal. Sudut dari masing-masing sumbu dapat diukur dengan presisi cukup akurat selam operator memiliki pengetahuan yang cukup menggunakan alat dan trigonometri dasar. Namu penggunaan theodolite secara umum memerlukan bantuan dari setidaknya satu orang lain selain operator utama untuk membantu mengukur dan menyelarasakan sudut. Ketika menghitung presisi sangat penting bahwa kedua poerator yang terlatih dan memahami semua lemen pengumpulan data.
Pada kesempatan kali ini penulis ingin sekali berbagi cara tutorial penggunakan Total Station untuk merek Nikon yang dapat di donwnload disini. Mungkin terdapat kekurangan dalam tutorial tersebut, penulis mempersilahkan untuk memberikan kritik dan saran.
Terimakasi Smeoga bermanfaat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar